Kamis, 12 Januari 2012

10 Wanita Paling Berpengaruh di Indonesia

Setelah ruang gerak kaum perempuan terbatas saat di jajah oleh belanda silam, sekarang ini banyak terlahir wanita-wanita dengan kekuatan super yang tak lain terlahir lewat perjuangan dan pengorbanan R.A Kartini. Beliau yang sudah berjasa untuk membebaskan jeratan-jeratan kelam kaum perempuan pada masa itu. Namun dengan perjuangan beliau sekarang ini kaum perempuan tidak lagi hanya bisa berdiam diri di rumah, bekerja di dapur dan hanya sibuk mengurus suami dan anak-anaknya.

Di zaman modern ini kaum perempuan sudah bisa melebarkan sayapnya untuk bisa terbang lebih tinggi lagi, bahkan melebihi kaum pria pada umumnya. Bukan hanya bisa mengandalkan kekuatan fisiknya saja, namun kaum perempuan sudah bisa memiliki kualitas dan kuantitas yang lebih.

Ini terlihat dari sudah banyaknya wanita-wanita yang sukses berkarir di luar lingkup rumah tangganya. 


Berikut ini adalah daftar 10 wanita paling berpengaruh di Indonesia:
1. Megawati Soekarno Putri
Megawati Soekarno Putri
Megawati merupakan satu-satunya wanita Indonesia pertama yang menjadi Wakil Presiden dan Presiden RI yang ke-5. Selama ini kekuasaan selalu dipegang oleh laki-laki. Megawati mampu menunjukkan bahwa wanita juga dapat berperan aktif serta berpartisipasi dalam dunia politik. Dia mampu mendobrak anggapan umum masyarakat selama ini bahwa wanita tidak dapat melakukan pekerjaan seperti laki-laki.






2. Moetia Hatta
Moetia Hatta
Mutia Hatta merupakan mantan mentri Pemberdayaan wanita pada Kabinet Indonesia Bersatu. Beliau juga merupakan salah satu antropolog perempuan yang selama 30 tahun ini concern keliling seluruh pulau di Indonesia. Beliau juga sangat proaktif dalam memperjuangkan hak-hak asasi wanita, serta memperjuangkan hak-hak para TKI wanita yang diperlakukan sewenang-wenang oleh majikannya. Selain itu, beliau juga aktif memperjuangkan nasib wanita yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga.



 3. Sri Mulyani
Sri Mulyani
Sri Mulyani saat ini menjabat di posisi penting, yaitu sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia. Beliau merupakan aset bangsa yang sangat tak ternilai yang dimiliki oleh Indonesia. Jangan meremehkan kinerjanya. Beliau ini memiliki segudang prestasi yang gemilang. Beliau menjabat sebagai Direktur Eksekutif International Monetary Foundation(IMF) sebagai orang termuda di jajaran IMF. Tentunya jabatan ini bukan jabatan yang remeh dan mudah untuk diraih. Sebab harus benar-benar orang yang kompeten untuk bekerja di sana. Beliau juga salah satu sumber inspirasi, sebab beliau mampu memecahkan banyak permasalahan pelik keuangan di Indonesia, seperti melunasi salah satu utang Indonesia, serta mampu membuat kebijakan-kebijakan yang bisa mengatasi permasalahan Indonesia. Beliau termasuk Menteri keuangan wanita yang brilian yang dimiliki oleh Indonesia.
4. Ani Yudhoyono
Ani Yudhoyono
Ani Yudhoyono saat ini merupakan wanita no 1 di Indonesia. Beliau merupakan istri dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau turut aktif melakukan kegiatan sosial serta selalu mendampingi SBY pada acara-acara kenegaraan. Beliau juga turut berpartisipasi dalam permasalahan sosial seperti pendidikan, kemiskinan, dan bencana alam lainnya. Serta memberikan perhatian yang nyata pada korban bencana alam seperti Tsunami, serta bencana alam lainnya. Selain itu beliau juga turut memajukan dan memberdayakan wanita agar lebih valuable.

 
5. Siti Hardiyanti Indra Rukmana
Siti Hardiyanti
Beliau merupakan salah satu putri mantan presiden RI Soeharto.







6. Titiek Puspa
Titiek Puspa
Dia merupakan penyanyi sekaligus seorang aktris. Di usianya yang sudah senja, dia masih aktif dalam berkarya di dunia musik dan hiburan.









7. Siti Fadilah Supari
Siti Fadilah Supari
Beliau merupakan Menteri Kesehatan RI. Beliau turut aktif dalam meningkatkan kualitas kesehatan rakyat Indonesia, serta melakukan berbagai kegiatan sosial di bidang kesehatan.





8. Christine Hakim
Chrintine Hakim
Beliau merupakan aktris senior yang tidak diragukan lagi kemampuan aktingnya. Sudah banyak film yang diperankannya dengan penuh pnghayatan, sehingga tidak salah bila beliau mendapatkan banyak Achievement dalam dunia musik Indonesia.







9. Miranda Goeltom
Miranda Goeltom
Miranda Goeltom merupakan direktur utama Bank Indonesia. Jabatan ini diraihnya bukan karena embel-embel nama keluarga, melainkan beliau secara mandiri mampu menduduki jabatan itu karena jerih payahnya selama ini.







10. Moeryati Soedibyo
Moeryati Soedibyo
Moeryati Soedinyo merupakan wanita Indonesia yang sukses menjadi seorang enterpreneur yang produknya bisa menjadi produk nasional buatan Indonesia dan menjadi kebanggan tersendiri bagi Indonesia. Beliau memproduksi kosmetik yang bahan dasarnya berasal dari kekayaan alam Indonesia. Beliau mampu mensejajarkan produk kosmetiknya dengan kosmetik-kosmetik impor dan terkenal lainnya. Padahal beliau merintis usaha tersebut mulai dari nol. Beliau juga turut berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan Putri Indonesia yang nantinya menjadi duta untuk Indonesia.

Demikianlah beberapa contoh untuk kita tentang wanita-wanita yang berjaya di Indonesia pada masa kini. Mereka merupakan wanita-wanita yang berpengaruh di Indonesia. Masih banyak lagi perempuan Indonesia yang bisa jadi sumber referensi aksi untuk kita, namun sebatas ini hanya merekalah yang paling terkenal. Tak menutup kemungkinan jika pada masa depan nanti kitalah yang akan jadi salah satu perempuan paling berpengaruh di Indonesia, atau bahkan di dunia. Namun juga dengan tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan yang memiliki tugas dan tanggung jawab juga pada keluarga, yakni suami dan anak-anaknya.
Semoga perempuan-perempuan ini bisa jadi sumber inspirasi bagi kita semua, untuk semua generasi penerus pada umumnya dan terkhusus lagi kaum perempuan.

2 komentar:

Moershaell. mengatakan...

Blog yang cantik..... Clara, teruslah berkarya...

Clara Asmarani mengatakan...

Alhmdullillah, makasih pak.
masih butuh pembenahan di sana sini :)
InsyAllah pak.
mksh tuk bimbingannya pak :)

Poskan Komentar

 
Design by Asshodiqin Themes | Bloggerized by Armin Asshodiqin - Arm Technologi