Selasa, 10 Januari 2012

HINDARILAH MEMINUM AIR SAAT MAKAN












Mungkin kebanyakan kita memiliki kebiasaan  banyak minum air  ketika sedang makan. Namun,  Sepertinya kita harus segera mengubah kebiasaan tersebut. Sebab, meneguk air ketika makan ternyata dapat menghambat pencernaan di lambung. Kebanyakan orang mengkonsumsi air saat sedang makan adalah untuk melancarkan proses pencernaan dan mempermudah makanan untuk masuk kedalam lambung, namun kenyataannya disini sangat berbeda.

Konselor mikrobiotik dari India, Shonali Sabherwal, mengatakan, ketika makan bukanlah waktu yang tepat untuk memuaskan rasa dahaga. "Orang-orang tidak tahu betapa minum air saat makan cukup mempersulit pencernaan mereka," ujar Sabherwal seperti dikutip di Times of India.
Penelitian menunjukkan bahwa minum sedikit air selama makan tidak menjadi perhatian. Namun, minum segelas atau dua gelas dapat mengganggu pencernaan. Para peneliti menemukan bahwa yang terbaik adalah minum air sebelum makan dan dua jam sesudahnya. Hal ini membantu dalam penyerapan nutrisi.

Sabherwal mengatakan bahwa minum air ketika makan dapat mengencerkan konsentrasi asam lambung (HCl). Untuk mencerna makanan, tubuh memerlukan HCl dengan konsentrasi tertentu. Namun, kerena minum banyak air, konsentrasi HCl berkurang. Akibatnya, hanya sedikit makanan yang bisa dicerna oleh tubuh. Hal ini, jika dibiarkan terus bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Asam lambung, selain membantu pencernaan juga berfungsi sebagai anti bakteri. Jika lambung sudah tidak bekerja optimal, akan dapat mempengaruhi kerja organ pencernaan lainnya menjadi lebih berat sehingga menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme tubuh.
Agar tak merasa haus ketika makan, Sabherwal menghimbau agar tak terlalu banyak makan makanan yang asin.  "Pastikan makanan Anda tidak terlalu asin karena  akan semakin membuat  haus," ujar Sabherwal. Agar pencernaan tetap berjalan baik meskipun tanpa dibantu oleh air, ia menyarankan agar mengunyah pelan-pelan. Saat mengunyah, mulut mengeluarkan enzim yang membantu pencernaan makanan sehingga tugas lambung dalam mencerna makanan menjadi lebih ringan.

Inilah faktanya, meski masih sulit diterima oleh kebanyakan orang. Namun untuk menggunakan pola hidup sehat, saya rasa ini wajib untuk di terapkan. Karena  seperti di jelaskan di atas jika kita makan sambil meminum air maka nutrisi pada makanan yang kita makan tidak akan terserap dengan baik. Yang terjadi malah akan membuat proses metabolisme akan terganggu dan tentunya akan menghambat pembentukan energi. Jadi, sia-sia saja kandungan dari semua makanan yang sudah kita makan, karena zat-zat penting dalam makanan tentunya tidak akan terserap dengan sempurna. Bukankah salah satu tujuan kita mengkonsumsi makanan adalah agar kebutuhan energi kita terpenuhi ? namun dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang menurut kita sepele ini malah akan menimbulkan efek yang merugikan bagi tubuh kita sendiri.
Terapkanlah pola hidup yang sehat dari sekarang, jika selama ini kita masih menganggap hal ini sepele maka setelah anda membaca artikel ini diharapkan anda lebih bijak untuk memilih dan meninggalkan kebiasaan meminum air di sela-sela makan anda.
InsyAllah akan bermanfaat untuk kita semua. Aamiin…

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Asshodiqin Themes | Bloggerized by Armin Asshodiqin - Arm Technologi